Headlines News :
Home » » CONTOH ETIKA PROFESI DALAM BIDANG IT

CONTOH ETIKA PROFESI DALAM BIDANG IT

ETIKA PROFESI MUTLAK HARUS DIPAHAMI OLEH PARA PROFESIONAL YANG BEKERJA DI BIDANG IT

BAB I
PENDAHULUAN
Seperti yang kita ketahui perkembangan dunia IT berlangsung sangat cepat. Dengan pekembangan tersebut diharapkan akan dapat mempertahankan dan meningkatkan taraf hidup manusia. Banyak hal yang menggiurkan manusia untuk dapat sukses dalam bidang it tetapi tidak cukup dengan mengandalkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, manusia juga harus menghayati secara mendalam kode etik ilmu, teknologi dan kehidupan.
Banyak ahli telah menemukan bahwa teknologi mengambil alih fungsi mental manusia, pada saat yang sama terjadi kerugian yang diakibatkan oleh hilangnya fungsi tersebut dari kerja mental manusia. Perubahan yang terjadi pada cara berfikir manusia sebagai akibat perkembangan teknologi sedikit banyak berpengaruh terhadap pelaksanaan dan cara pandang manusia terhadap etika dan norma dalam kehidupannya.
Setiap kegiatan atau profesi di dunia memiliki sebuah aturan atau batasan-batasan yang sudah ditentukan , tidak terkecuali dengan profesi sebagai seorang ahli IT juga memiliki sebuah aturan atau sebuah standart yang harus dicapai yang disebut dengan etika profesi. Etika adalah satu set kepercayaan, standar, atau pemikiran yang mengisi suatu individu, kelompok atau masyarakat. etika dapat sangat berbeda dari satu masyarakat ke masyarakat lain. Kita melihat perbedaan ini di bidang komputer dalam bentuk perangkat lunak bajakan (perangkat lunak yang digandakan secara illegal lalu digunakan atau dijual). Semua individu bertanggung jawab kepada masyarakat atas prilaku mereka. Masyarakat dapat berupa suatu kota,negara atau profesi. Tindakan kita juga diarahkan oleh etika.

DOWNLOAD FILE LENGKAP DISINI





[maaf sobat,sy lupa url sumber artikel ini karena tugas ini sudah lama sy buat dan bru sy upload]


Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. aryabudii - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger