Headlines News :
Home » » CONTOH PROPOSAL SISTEM INFORMASI KLINIK

CONTOH PROPOSAL SISTEM INFORMASI KLINIK



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dalam era globalisasi saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu pesat, khususnya teknologi informasi. Kebutuhan manusia akan segala sesuatu dituntut lebih efisien,contohnya sangat jelas terasa dari perkembangan teknologi informasi tersebut, pekerjaan yang semula masih banyak menggunakan sistem manual pada saat ini sudah mulai berkurang, karena mulai beralih ke sistem yang sudah terkomputerisasi.Karena dengan proses yang sudah terkomputerisasi pekerjaan apapun akan lebih mudah dilakukan.
Dalam proses perkembangan kebutuhan data dan informasi yang semakin lama berkembang, telah mendorong penanganan data dan informasi yang lebih baik agar setiap unsur tersebut dapat dilaksanakan dengan optimal.Penerapan suatu sistem data dan informasi pada dasarnya tidak terlepas dari penggunaan komputer itu sendiri.Agar lebih mudah menginputkan data pada sistem dalam hal ini aplikasi tentang klinik,sistem ini dirancang agar proses registrasi dan penanganan terhadap pasien di klinik tersebut agar segera di tangani penyakitnya secara sigap tanpa harus mendata mereka secara manual. Dengan adanya sistem yang baru ini dapat memberikan solusi bagaimana cara mendapatkan pelayanan dengan proses yang cepat namun dengan harga yang terjangkau. Menyadari banyaknya klinik yang sudah ada bergerak dibidang yang sama, maka klinik tersebut harus melakukan terobosan – terobosan baru demi meningkatkan kualitas dan berusaha menarik minat para pasien sehingga klinik tersebut makin mendapat tempat di hati masyarakat.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dianggap perlu untuk membuat sistem yang akan dapat membantu mempermudah pengelolaan data pasien, serta mempercepat penanganan daripada pasien tersebut. Diharapkan sistem yang dibuat nantinya juga akan membantu untuk menghasilkan laporan – laporan yang diinginkan secara cepat dan akurat.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang ada, maka permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut :
- Bagaimana merancang sistem informasi berbasis komputer pada sebuah klinik untuk mempermudah dan mempercepat pendataan serta penanganan dari setiap pasien yang akan berobat di klinik tersebut.


1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari sistem informasi klinik ini adalah sebagai berikut
1 Merubah sistem informasi yang bersifat manual menjadi sebuah sistem yang berbasis komputer
2 Mempermudah petugas dalam melakukan pendataan pasien

1.4 Ruang Lingkup

Batasan yang diperlukan untuk mengetahui ruang lingkup pembahasan suatu masalah, mengingat begitu luasnya permasalahan yang ada serta keterbatasan pengetahuan yang dimiliki. Penulis membatasi ruang lingkup yang akan dibahas adalah :
1 Pengguna dari sistem ini adalah seorang admin. Disini admin bertugas untuk entry data pasien,dokter,hasil pemeriksaan dan pembayaran.
2 Teknologi pemrograman yang digunakan untuk membuat dan membangun apliksi adalah Visual Basic 6.0
3 Untuk mengelola database digunakan SQL Server 2000
4 Sistem ini terdiri dari pendataan pasien,dokter,hasil pemeriksaan dan pembayaran pasien tersebut.





download file lengkap disini [BAB I - IV]
DOWNLOAD




Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. aryabudii - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger